Mengenal Tokoh-Tokoh Syiah: Ulama Mazhab Ahlul Bait

Mengenal Tokoh-Tokoh Syiah (Ulama Mazhab Ahlul Bait)

Dibawah ini adalah daftar ulama atau tokoh-toko mazhab syiah dari beberapa kurun waktu, sesuai urutan tahun/abad. Ulama-ulama ini telah menghasilkan karya ilmiah berupa Kitab-kitab manhaj ahlul bait, mulai dari tafsir, hadis, fiqh wa ushuulih, mantiq logika, dan tak kalah penting karya kitab-kitab dialog Sunni Syiah pada zamanya.

Silahkan klik pada nama Ulama’ berikut ini, untuk membaca biografinya.

Daftar Isi:

  1. Nashr bin Muzahim (120 – 212 H.)
  2. Ahmad bin Muhammad bin Isa Al-Asy’ari (Abad Ketiga – 274 H.)
  3. Ahmad bin Abi Abdillah Al-Barqi (Penghujung Abad Kedua – 280 H.)
  4. Ibrahim bin Hilal Ats-Tsaqafi (Permulaan Abad Ke-3 – 283 H.)
  5. Muhammad bin Hasan bin Furukh Ash-Shaffar (Permulaan Abad ke-3 – 290 H.)
  6. Muhammad bin Mas’ud Al-‘Ayasyi As-Samarqandi
  7. Ali bin Babawaeh Al-Qomi
  8. Syaikhul Masyayikh, Muhammad Al-Kulaini (259 – 329 H.)
  9. Ibnu ‘Aqil Al-‘Ummani
  10. Muhammad bin Hamam Al-Iskafi (258 – 336 H.)
  11. Muhammad bin Umar Al-Kasyi (Abad Ke-4 Hijriah)
  12. Ibn Qawlawaeh Al-Qomi (Wafat 367 H.)
  13. Abu Ghalib Az-Zurari (285 – 368 H.)
  14. Ra`îsul Muhadditsîn, Syeikh Shaduq
  15. Ibnu Junaid Al-Iskafi
  16. Sayid Radhi (359 – 406 H.)
  17. Syaikh Mufid (338 – 413 H.)
  18. Sayid Murtadha Alamulhuda
  19. Syeikh Abu Shalah Al-Halabi
  20. Ahmad bin Ali An-Najasyi (372 – 450 H.)
  21. Syaikh Abu Ja‘far Ath-Thusi, Pendiri Hauzah Najaf (385 – 460 H.)
  22. Ibn Syadzan Al-Qomi (Wafat 460 H.)
  23. Hamzah Bin Abdul Aziz Ad-Dailami (Sallar Ad-Dailami) (Paruh Kedua Abad Ke-4 – 463 H.)
  24. Al-Qadhi Abdul Aziz Al-Halabi (Ibn Al-Barraj) (401 – 481 H.)
  25. Hakim Al-Haskani (Wafat 490 H.)
  26. Muhammad Bin Hasan Al-Fattal An-Nisyaburi (Syahadah Tahun 508 H.)
  27. Abdul Wahid bin Muhammad At-Tamimi Al-AMudi (510 – 550 H.)
  28. Sayid Fadhlullah Ar-Rawandi (Wafat 570 H.)
  29. Abul Hasan Sa‘id bin Hibatullah (Quthbuddin Ar-Rawandi) (Wafat 573 H.)
  30. Ibn Hamzah ‘Imaduddin Ath-Thusi (Belahan Pertama Abad Ke-6 – 585 H.)
  31. Sayid Abul Makarim Ibn Zuhrah (511 – 585 H.)
  32. Ibn Syahr Asyub (489 – 588 H.)

Tokoh ulama Mazhab Syiah terdiri dari berbagai asal Negara di belahan dunia, khususnya mereka berasal dari tanah Arab dan Persia.

34 Responses to Mengenal Tokoh-Tokoh Syiah: Ulama Mazhab Ahlul Bait

  1. Anonymous mengatakan:

    ulama yg dr Indonesia??

  2. sallaf mengatakan:

    Syiah agama asuuu

  3. Anonymous mengatakan:

    Koq bisa ya ? yang mendirikan orang Yahudi koq diyakini sbg Islam ? salah tuh…

  4. Jaga Sukma mengatakan:

    Yang sesat itu Sunni Apa Syiah ya???? Gini Allah adalah zat yang Menuangkan Air Suci(al-Quran) Kedalam 14 Wadah Suci(Para makshuumiin) Pasti Airnya tetap Suci dan tidak terkontaminasi.) Namun Jika Air suci ditampung di wadah yang kotor dan najis apa yang tejadi….Gawat Pasti ajaranya……Saya merasa karena saya hidup di dalamnya.ngak percaya coba buka kuncinya di http://www.kuncicahaya.blogspot.com atau hub 081251962222

    • Anonymous mengatakan:

      Kamu yang sesat…goblok nanya yg sesat sunyi atawa syiah….Kamu mang bodoh dan goblok..

  5. muhammad abdul aziz attamimi mengatakan:

    yang sesat adalah orang yang keluar dari syahadatain, tidak percaya rukun iman yg enam (Iman kpd Alloh, Kitabulloh, Malaikat, Nabi & Rasul, Hari Kiamat, Takdir) dan Tidak melaksanakan rukun islam yg 5, padahal ia mampu.
    Hanya Alloh dan RasulNya sahaja yang tahu, mana yang benar dan mana yang sesat.
    Maka Sebelum wafat Rasul berwasiat “Hanya AlQuran dan Sunnah beliau sahaja yang dapat menunjukkan mana yang sesat maupun mana tanda orang beriman”.
    so.. saatnya cari ilmu sobat.
    jangan sampe kita tersesat dan tertipi dengan bi’dah-bid’ah yang ada.

    • behna mengatakan:

      Buat Akhi Muhammad attamimi
      Dari mana wasiat nabi itu anda dapatkan?…….mohon petunjuk.

      • Gusti Jaga Sukma mengatakan:

        dalam kitab Al Gaibah Karya Syeikh Abu Ja’far Muhammad At-thutsi Hal 150-151, Perintahnya dalam Al-Qur’an Surah Al Baqarah(2) : 180,

    • ina mengatakan:

      Berarti syiah memang sesat dan bkn islam
      Syiah menghalalkan nikah mut’ah
      Syiah sholatnya hanya 3 waktu dlm sehari
      Syiah tidak sholat jumat utk laki” kecuali di imamin sma imam mereka
      Syiah syirik krna mengagungkan terlalu berlebihan khalifah Ali dan Husein bahkan menyamainya dgn Tuhan

  6. Anonymous mengatakan:

    Hal yang penting dan agar membuat umat tidak salah kaprah akan selalu diulang-ulang dalam Al Qur’an sebagai manifestasi kemahapengasih dan kemaha penyangan Allah. Tidak mengherankan kenapa baru pada ayat ke-3 Al Faatihah kalimat Mahapengasih dan mahapenyayangan Allah diulang Allah setelah ayat pertama Al Faatihah. Al Fatihah adalah abstraknya, sinopsisnya, miniaturnya Al Qur’an. Otomatis hal (pernyataan) yang penting dan agar umat tidak salah kaprah selalu diulang-ulang dalam Al Qur’an. Tidak ada satu ayatpun yang menyebutkan adanya orang-orang tertentu yang harus mengitrepretasikan Al Qur’an, sebaliknya terlalu banyak ayat yang menunjukkan AL Qur’an sebagai kitab yang berdiri sendiri sebagai petunjuk tunggal dan banyak ayat yang mengagungkan pengunaan akal. Jadi tak ada satu tokohpun yang pantas diikuti dalam memahami Al Qur’an baik itu dari syaih maupun dari sunni. Baca sendirilah Al Qur’an karena inilah yang sesuai perintah AQ (QS 2:2-3) dan banyak ayat lainnya.

  7. zidane mengatakan:

    Syiah kelompok paling BODOH

    ~ibnu Taimiyyah Rahullah~

  8. fara mengatakan:

    syi’ah harus cepat dilenyapkan d muka bumi ini,khususnya d Indonesia.krn syi’ah btl2 biadap dan licik,,,,,,apalg visi-misi mrk ingin menguasai bumi ini dengan kebodohan yg nyata.

  9. heru mengatakan:

    taqiyah adalah 9/10 ajaran syì’ah.tiada dikatakan mukmin di mata syi’ah kalau tidak taqiyah,sebagaimana engkau melalaikan sholat.taqiyah sedrajat dg sholat 5 waktu ,3 waktu di mata syiah.tidak taqiyah》berarti kafir wajib dibunuh. usululkafi 482-483.
    taqiyah :dusta disimpan di hati.
    makin dusta
    makin sholih.

  10. YAn Coe mengatakan:

    berpegang tegulah pada Al-qur’an dan sunnah….,dan bertaqwalah kepada Allah…, syiah itu ajaranya sudah menyimpang dari alquran dan sunnah….jelas akidah syiah berbeda sama kita

  11. Imam Komis mengatakan:

    BLOG ini SYIAH/ SUNNI

  12. danu mengatakan:

    bagus. sebarkan ilmunya, jangan syiahnya. niscaya orang akan sadar.

  13. Anonymous mengatakan:

    Saudara-saudara Sunni Maupun Syiah, Kalian mecacimaki saling sesat menyesatkan ataupun saling mengkafirkan antara satu sama yang lain saya beritahukan kepada saudara-saudaraku yang si muliakan Allah swt dan yang disayanginya. Kalian (Syiah-Sunni) itu saudara semuslim, kalian adalah satu jiwa, mengapa kalian meributkan masalah mazhab, Ingat! kalian itu tidak mengetahui Mazhab mana yang benar dan mana yang salah, Yang tau hanyalah Allah Swt.
    Apakah kalian tidak mengetahui siapa musuh kalian yang sebenarnya?. musuh kalian adalah orang-orang yang memiliki niat untuk merusak islam dan ingin menghancurkan islam, buktinya; Sekelompok ISIS yang mengaku sebagai islam, Apakah itu islam? Mereka itu adalah Non Muslim, kalau memang islam mengapa mereka membunuh sesama islamnya, kenapa mereka membakar masjid-masjid orang islam, kenapa mereka tidak mengecam/membunuh israel dan Amerika yang ingin menghancurkan islam.
    Ingat…!!! Mereka (ISIS) adalah Orang yang mengaku islam dan ingin menghancurkan islam dari situlah Kiamat akan datang karena ini merupakan salah satu tanda-tanda Kiamat.

  14. Anonymous mengatakan:

    kami bukan Tuhan yang pantas menentukan siapa yang benar, siapa yang salah. intinya berbuat baiklah jgn sibuk mengkafirkan satu sama lain, masih banyak sekeliling kita yang bisa kita kerjakan, masih banyak orang disekitar kita yang lapar jangan smpai kami sibuk mengkafirkan dan orang disekitar kita mati kelaparan. salam damai

  15. andri mengatakan:

    Yg bilang syi’ah muslim berarti dia orang syi’ah DIA BUTA DNGAN KEJADIAN Suriah yg dimana orang syiah menentang alloh secara jelas dan membuat kedzolman kepada kaum muslmim kalaw persenjataanku sudah lengkap akan kubunuh toko syi’ah indonesia yg mencacimaki parasahabt dan ummulmuminin

  16. Galih mengatakan:

    Syi’ah bukan islam.syi’ah perusak islam.

  17. 'awam mengatakan:

    Ketika datang hari berbangkit dan khususnya bagi umat islam.
    Perumpamaan:
    Katakanlah ada 5 barisan khalifah setelah baginda nabi wafat,diantaranya:
    1.barisan abu bakar,aisyah,dkk
    2.barisan umar bin khhatab,dkk
    3.barisan utsman bin affan,dkk
    4.barisan ali bin abu thalib,fatimah al-zahra,al-hasan,al-husain (ahlulbait)
    5.barisan mu’awiyyah,yazid,dkk

    barisan mana yang akan anda masuki dimana baginda nabi ada untuk menyaksikan hal itu???

  18. 'awam mengatakan:

    perumpamaan lagi nih:
    Katakanlah pak Ramli adalah direktur perusahaan atau pemimpin perusahaan yg bernama PT.Islam sampuerna.
    ketika itu dia sakit parah dan sudah saatnya dia kembali kepada Sang Penciptanya,menjelang hari-hari terakhirnya apakah dia akan memberi wasiat/warisan bahwa perusahaan yang dia bangun dan kelola selama bertahun-tahun yang membutuhkan perjuangan panjang itu sia-sia terabaikan begitu saja?atau menunjuk bahwa anak ku lah yang akan mewarisi/penerus kepemimpinan nya?karena anak ku lah yang paling tau bagaimana mengelola PT nya agar tetap stabil dimana setiap hari bekerja sama-sama,ngobrol sama-sama,dirumah pun demikian.dan ikatan keluarga apalagi sedarah daging nya itu,apakah mungkin teman pak Ramli yang akan memimpin perusahaan nya???

  19. pak Ramli mengatakan:

    Bener banget pak awam,yah namanya juga temen,dateng kalo ada maunya,butuh uang baru nyamperin,giliran senang sendiri2…
    temen deketin itu ada udang dibalik batu,ntah pengen kekuasaan nantinya lah,ntah pengen naek gaji lah,ntah laaaahh.
    ya kalo ane mah pasti nunjuk keluarga dong sebagai penerus ane masa nunjuk orang laen,enak aja -___-

  20. 'awam mengatakan:

    hehehe maaf pak Ramli jadi perumpamaan saya.
    iya karena dari situlah permulaan agama islam pecah menjadi 73 golongan setelah baginda nabi wafat,dan yang benar adalah 1 golongan dimana 72 golongan lain tidak benar.
    Inilah tugas kita dimasa sekarang mencari tahu manakah golongan yang benar itu jangan terfokus dari 1 golongan saja,bandingkanlah,kaji dan pikirkanlah dengan logika yang rasional.
    Terimakasih,Assalamualaikum wr.wb

  21. AL GAZALI mengatakan:

    baginda nabi bersabda:”barang siapa memegang erat keduanya maka dia tidak akan tersesat di dunia dan akhirat kelak,yaitu kitab suci Alquran dan sunnah dari keturunan(ahlulbait) yang suci pula.”

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s