Berita Dunia; Rusia, Cina Blok Resolusi Anti-Suriah

Berita Dunia; Rusia, Cina Blok Resolusi Anti-Suriah, Rusia dan China telah memblokir rancangan resolusi PBB yang menyerukan Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk mengundurkan diri dan menyerahkan kekuasaan kepada pemimpin oposisi.

Rusia dan China pemilik hak veto di Dewan Keamanan menolak resolusi anti-Suriah untuk disahkan oleh Liga Arab. Kedua negara juga telah memveto resolusi serupa terhadap Suriah pada bulan Oktober.

Wakil menteri luar negeri Rusia Gennady Gatilov sebelumnya mengatakan Rusia tidak akan tawar-menawar dengan Barat atas rancangan resolusi di Suriah.

“Ini bukan bagian dari praktek politik kita untuk memperdagangkan prinsip kami,” kata Gatilov.

Berita Dunia; Rusia, Cina Blok Resolusi Anti-SuriahRusia juga menentang sanksi Barat di Suriah. Vitaly Churkin, utusan PBB Rusia mengatakan “masyarakat internasional” tidak boleh ikut campur dalam konflik rumah tangga Suriah dan bahwa sanksi bisa beresiko memanaskan konflik.

“Moskow menolak setiap pendekatan sanksi, setiap upaya untuk menggunakan instrumen Dewan Keamanan untuk bahan bakar konflik, untuk membenarkan intervensi militer,” kata Churkin. “Dewan tidak bisa mendikte parameter untuk sebuah penyelesaian politik internal; dia tidak memiliki otoritas untuk itu.”

Cina memegang posisi yang sama dan mengatakan kepada PBB bahwa sanksi akan semakin memperburuk situasi Suriah, meskipun mengakui bahwa permintaan rakyat Suriah untuk reformasi harus dihormati.

Para pendukung resolusi percaya akan berakhirnya kekerasan mematikan di Suriah.

Suriah telah mengalami kerusuhan sejak pertengahan Maret. Banyak orang telah tewas di negara itu selama sepuluh bulan terakhir. Damaskus mengatakan lebih dari 2.000 pasukan keamanan telah tewas dalam kerusuhan.

Barat dan oposisi Suriah menuduh pemerintah membunuh demonstran. Tapi Damaskus menyalahkan “penjahat’, penyabot dan kelompok teroris bersenjata” memicu kerusuhan, bersikeras bahwa dia sedang diatur dari luar negeri. [IslamTimes/red].

Info lain: Sekilas Sejarah Tentang Fikih 5 Mazhab

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s