Pembantaian Muslim Syiah di Pakistan Berlanjut

Sedikitnya lima Muslim Syiah tewas tertembak, Selasa (3/3) dalam kejadian yang tampaknya serangan sektarian dekat kota Quetta di bagian baratdaya Pakistan.

Dua pria bersenjata naik sebuah sepeda motor telah menembak para korban, yang sedang melakukan perjalanan dalam sebuah mobil pribadi. Insiden terjadi saat para korban melewati sisi luar Quetta, ibukota provinsi Baluchistan yang kaya minyak dan gas yang berbatasan dengan Iran dan Afganistan.

“Semua kelima pria itu, yang adalah anggota masyarakat Muslim Syiah, tewas seketika,” kata pejabat polisi setempat Abdul Khalid. Tidak ada orang yang menyatakan bertanggungjawab atas pembunuhan itu.

Serangan itu terjadi satu pekan setelah empat Muslim Syiah juga tewas di Quetta. Kota ini memiliki sejarah serangan sektarian yang melibatkan ekstrimis Muslim Syiah dan Sunni.

Ratusan orang tewas di Baluchistan sejak akhir 2004, ketika gerilyawan bangkit untuk minta otonomi politik dan bagian keuntungan lebih besar dari sumber alam. Baluchistan juga telah dihantam sejumlah serangan gerilyawan Taliban. Bulan lalu, seorang pejabat PBB asal AS, John Solecki, diculik di Quetta. Sebuah kelompok pemberontak Baluch menyatakan telah menahannya.(red/antara)

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s